Semua Anak Lampung Selatan Harus Memperoleh Pendidikan PAUD Yang Berkualitas

Sebelumnya saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bunda-bunda Paud (Guru PAUD,Red) yang selalu berinovasi, berprestasi dan memberikan peran di daerahnya masing-masing. Dan Saya mengucapkan selamat atas terbitnya Majalah Narasi Pendidikan Lampung Selatan, yang juga memberikan apresiasi, karena telah melaksanakan peran dan tugasnya secara optimal, sebagai Media Massa, sehingga kinerja dan kepedulian untuk layanan PAUD yang berkualitas terwujud secara lebih nyata.
Semoga apresiasi ini memberikan motivasi kepada seluruh bunda PAUD lainnya untuk lebih mengoptimalisasi peran dan tugasnya. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam hal mendasar terkait pembentukan karakter anak, seperti kedisiplinan, kejujuran, etos kerja dan spiritual. Selain pada kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik anak, kecerdasan, daya cipta kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Anak usia dini bagaikan kertas kosong yang siap ditulisi apapun di atasnya. Ajaran agama Islam menyebutnya “fase fitrah”, artinya bersih dan polos. Peran orang tua dan para gurulah yang akan berperan mengisi dan membentuknya. Pendidikan karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan menjadi fondasi dan dasar baginya sebelum Pendidikan kognitif lainnya diberikan.

 

 

Oleh karena itu, peran bunda PAUD sangat penting sekali dalam proses penanaman karakter unggul dalam proses pendidikan anak usia dini. Pentingnya pendidikan sejak kecil supaya terus berbekas, maka ada pepatah mengatakan belajar di waktu kecil seperti mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa seperti mengukir di atas air. Bahkan dalam agama Islam anak kecil yang baru lahir langsung diadzankan di telinga yang kanan dan diqomati di telinga yang kiri, untuk apa? untuk menanamkan pengenalan kepada Tuhannya.

Pendidikan Anak Usia dini merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.Ontologis, anak sebagai mahluk individu yang mempunyai aspek biologis dan psikologis, pembelajaran pada anak usia dini haruslah menggunakan konsep belajar melalui bermain, belajar sambil berbuat, belajar melalui stimulasi Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan aspek pedagogis, masa anak dini merupakan masa pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Dari segi empiris, Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting, antara lain menjelaskan bahwa pada waktu manusia lahir, kelengkapan organisasi otak memuat 100-200 milyar sel otak yang siap dikembangkan serta diaktualisasikan mencapai tertinggi. Selain itu tujuan PAUD yang ingin dicapai adalah mengembangkan pengetahuan dan pemahaman orang tua dan guru serta pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan dan perkembangan anak usia dini.

Untuk menumbuhkan karakter unggul pada anak, perlu diajarkan dan dibiasakan menjalankan nilai-nilai tertentu; seperti dapat dipercaya, adil, bertanggungjawab, peduli, dan saling menghargai perbedaan. Dalam batas tertentu bisa juga diajarkan pendidikan kewarganegaran.

Tentu saja semua itu dikemas dengan cara dan suasana yang menyenangkan. Lebih banyak menggunakan media bermain dan sedapat mungkin menghindarkan pembelajaran kognitif. Sehingga anak dapat menerimanya dengan riang gembira.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh para Bunda PAUD di setiap daerah/kecamatan yaitu dengan mendukung pemerintah dalam melakukan intervensi intervensi di satuan pendidikan. Intervensi yang dapat dilakukan antara lain;
– penguatan kebijakan PAUD yang berpusat pada anak,
– peningkatan kualitas PAUD usia 0-2 tahun dan 3-6 tahun melalui integrasi layanan kesehatan, gizi, dan perlindungan anak,
– peningkatan akses PAUD anak usia 0-2 tahun melalui kemitraan dengan pihak swasta untuk keluarga marginal,
serta
– pengembangan kompetensi dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.
Bantuan para Bunda PAUD dalam mendorong kinerja pemerintah tentunya akan mempercepat upaya tercapainya hal-hal tersebut di atas. Permasalahan dalam pendidikan apabila upaya untuk mencari jalan keluarnya dilakukan secara bersama dan bersinergi, maka bukan menjadi hal yang mustahil untuk dapat mengurai permasalahan tersebut secara lebih baik. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga melalui terbitnya Majalah Narasi Pendidikan Lampung Selatan, kita bisa mewujudkan harapan bahwa Layanan yang akan memberi jaminan semua anak-anak Lampung Selatan memperoleh pendidikan PAUD yang berkualitas.
bahwa anak-anak akan menjadi anak-anak yang mempunyai karakter baik, karakter unggul dan siap menjadi tumpuan masa depan Bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai.
Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

(Hj. Winarni Nanang Ermanto)

 

(Visited 7,925 times, 1 visits today)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *