Puskesmas RI Ketapang Lakukan Deteksi Dini Tentang Kesehatan Jiwa di Sekolah

Ketapang, Lampung Selatan, NARASI24.ID – Tim kesehatan dari Puskesmas Ketapang dan Satpolpp Kecamatan Ketapang melakukan kegiatan deteksi dini tentang kesehatan jiwa di SMK N 1 KETAPANG pada kamis, 15/06/2023.

May Lusiyana Amd. Kep perawat dari Puskesmas Rawat Inap Ketapang mengatakan, kegiatan ini adalah deteksi dini kesehatan jiwa pada anak remaja khususnya anak sekolah menggunakan Screning SDQ, tindak lanjut dari ini adalah mendeteksi secara dini tentang kesehatan jiwa terhadap siswa dengan sejumlah 535 .

Lanjutnya, ini bertujuan adalah melakukan penjaringan gangguan jiwa atau ODMK (Orang Dalam Masalah Kejiwaan) yang terjadi di usia dini para remaja.

Lanjutnya kata Lusy untuk tindak lanjutnya setelah Screning dilakukan penilaian akan di lakukan follow up yang melibatkan guru BK yang ada di sekolah dan akan menjadi tugas Puskesmas untuk melakukan edukasi selanjutnya sampai dengan pengobatan apabila terjaring gangguan psikiatri. Tukasnya.

Sementara Hendriyansyah , guru BK SMK N 1 Ketapang mengatakan dalam kegiatan Screning psikologi kepada siswa sangat bangga dan ucapan terima kasih karna di kunjungi oleh petugas kesehatan dan Satpol pp Kecamatan Ketapang.

Lanjutnya kembali dengan adanya kegiatan ini kita bisa melakukan koordinasi baik dari hasil dari Screning ini bisa mendeteksi dini indikasi penyimpangan sosial, penyimpangan mental ataupun yang mengalami gangguan mental pada siswa siswi yang ada di sekolah ini. (DN)

(Visited 61 times, 1 visits today)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *