Proyek Sosial “Mainkan!” Membawa Budaya Indonesia Lewat Permainan

Indonesia, Narasi24.id – Proyek sosial “Mainkan!” hadir sebagai jawaban atas menurunnya minat generasi muda terhadap budaya Indonesia. Dengan mengusung media interaktif seperti kartu kuartet, tabletop-RPG, buku mewarnai, dan puzzle, proyek ini bertujuan mengenalkan budaya Nusantara dengan cara yang lebih menarik bagi anak-anak muda.

Dikembangkan oleh lima remaja kreatif berusia 17 tahun, yakni Elbert Tristan Lie, Kaitlyn Iliana Toniman, Abraham Brandon Purnama, Nayaka Catra Wibowo, dan Kaille Valerie Rimanto, “Mainkan!” dirancang untuk menarik minat generasi muda agar lebih mengenal dan mencintai budaya lokal. Proyek ini membidik anak-anak muda Indonesia sebagai target utama agar semakin mengenal keragaman budaya bangsa.

Sebagai bagian dari misi sosialnya, “Mainkan!” juga akan mengadakan acara “Mainkan! Goes to Orphanage” di Panti Asuhan Suaka Kasih Bunda. Dalam kegiatan ini, tim proyek akan memperkenalkan permainan interaktif kepada anak-anak di panti asuhan, memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar tentang budaya Indonesia dengan cara yang menyenangkan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kebahagiaan dan edukasi sekaligus kepada anak-anak yang kurang beruntung.

Selain itu, “Mainkan!” juga akan mengadakan acara “Mainkan! Goes to School” di SMP Pelita Bangsa Bandar Lampung. Dalam kegiatan ini, siswa-siswa akan diajak berpartisipasi dalam permainan interaktif yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang budaya lokal. Ini merupakan langkah untuk memastikan generasi muda di sekolah juga terlibat dalam memahami dan mencintai warisan budaya Indonesia.

Proyek “Mainkan!” akan menjadi salah satu dari banyak proyek sosial yang dipamerkan di Gelar Karya yang diadakan di Jakarta, sebuah ajang bergengsi yang menampilkan proyek-proyek sosial dari para peserta beasiswa Indonesia Maju. Acara ini akan menjadi kesempatan emas bagi para pengunjung untuk melihat langsung bagaimana budaya Indonesia bisa dihidupkan kembali melalui inovasi permainan.

Proyek ini juga disponsori oleh beberapa pihak besar seperti Air Asia, Nusanet, Nusa.id, dan Nusawork, yang mendukung misi untuk menghubungkan generasi muda dengan warisan budaya Indonesia.

Dengan semangat dan dedikasi tinggi, “Mainkan!” diharapkan dapat menjadi pintu bagi generasi muda untuk memahami dan mencintai budaya Indonesia secara lebih mendalam dan menyenangkan.

(Visited 36 times, 1 visits today)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *